Tablet PC


Tablet PC adalah laptop – atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.

Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).

Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.

Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas (lihat gambar 2 kiri). Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.

Acer dan Dell Luncurkan Tablet PC

Jakarta – Pasar tablet komputer bakal memanas. Pasalnya tidak lama lagi produsen komputer Dell bersiap untuk mengeluarkan tablet komputer. Rencananya mereka akan mengeluarkannya pada luiii mendatang atau di awal kuartal ketiga tahun ini.

Kabar rencana itu be-rembus dari situs Engadget Di situs itu disebutkan bahwa tablet komputer Dell akan mirip dengan tablet milik Apple, iPad terutama di bagian framenya. Padahal, sebelumnya banyak yang mengira kalau tablet Dell yang akan muncul adalah Dell Mini 5 yang dipamerkan di CES 2010.Meski kabar berembus, namun Marketing Manager Consumer Business Dell Indonesia Willy Hendra-judo masih berkilah. Dia beralasan kalau Dell Mini 5 beda dengan tablet PC. “Dell Tablet dan Dell Mini 5 beda kategori,” kata Willy.

Makanya, Tablet Dell belum dirilis namanya hingga kini. Sementara Dell Mini 5, adalah perangkat yang masuk dalam kategori perangkat internet mobile MID. “Perangkat MID ini dibilang notebook bukan, dibilang PDA smartphone juga bukan, dia di tengah-tengah,” ujarnya.Yang jelas, tablet Dell yang akan rilis itu, akan berukuran 10 inci dan tam-. pangnya tidak mirip dengan iPad. Sementara versi Engadget bahwa tablet Dell muncul dalam dua ukuran, yakni 10 inci dan 7 inci.Hingga kini pihak Dell masih bersiap untuk meluncurkannya. Saat ini mereka sedang menyiapkan dokumennya. “Tunggu tanggal mainnya, ya mungkin sekitar Juni,” ucap Willy.

Asal tahu saja, Tablet Dell diperkirakan bakal menjalankan sistem operasi Android yang akan mampu menjalankan allow lebih da/i 38.000 aplikasiyang berasal dari Android Market. Tablet ini akan mampu berselancar internet dan menonton video.Mengenai kemungkinan masuknya Dell Mini 5 dan Dell Mini 3 ke Indonesia, Willy mengatakan, Dell Indonesia masih terus mengkaji, baik dari sisi pasar, maupun regulasi di bidang telekomunikasi. “Kita masih mempertimbangkan. Apakah nantinya musti diluncurkan melalui operator, dan sebagainya,” imbuh Willy.

Secara umum, sejak peluncuran Apple iPad pada Januari lalu, membuat rival Aple tidak sabar untuk meluncurkan produk tandingan tahun ini. Bahkan diprediksi jumlah Tablet PC yang akan keluar sebanyak 50 unit.Sejauh ini sudah ada beberapa tablet yang akan keluar. Tablet pertama yang keluar adalah tablet besutan perusahaan elektronik Taiwan yang juga merupakan OEM {originalequipment manufacturer) laptop kedua terbesar di dunia, yaitu Compal Electronics.

Tablet PC Compal memiliki layar 7 inci dengan chip Nvidia Tegra 2 yang berteknologi core Arm, Compal menawarkan dua versi tablet PC, satu berbasis Android, dan lainnya berbasis Microsoft Windows CE. Ukurannya pun terbagi dua versi, yaitu 7 inci dan 10,1 inci. Menariknya, dua tablet itu juga telah dilengkapi slot high-definition multimedia interface (HDMI), sehingga bisa terkoneksi TV HD.Tablet lainnya, bernama Armadillo, yang berbasis Android dan berukuran lebih kecil ketimbang punya Compal. Armadillo juga menggunakan teknologi core milik Arm pada chip buatan FreeScak Semiconductor. Armadillo juga menye-matkan software bertajuk Quickboot, untuk mempercepat proses startup.Produsen lain yang jugabersiap untuk mengeluarkan Tablet PC adalah PT Accer Indonesia. Mereka bersiap untuk meluncurkan perdana Tablet PC tahun ini. Hanya saja manajemen Accer belum mau membocorkan waktu pastinya.

Acer Indonesia Marketing Communication Department PR Specialist, Astrid Irawati Warsito, mengatakan Tablet PC, akan hadir lebih cepat dari kuartal 3 tahun ini.Astrid masih enggan membocorkan detil dari tablet PC Acer ini. Namun, jelasnya, tablet PC Acer, nantinya akan dikategorikan sebagai notebook, dan bakal memiliki spesifikasi lebih tinggi dari netbook Acer. “Kami akan tetap berusaha memenuhi kebutuhan pasar akan netbook,” katanya.Adapun pertimbangannya, data IDC PC Tracker terbaru, kebutuhan masyarakat terhadap PC portabel untuk tahun ini masih besar* nu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s