Solusi Tidak Bisa Buka Update Manager dan Software Center pada Ubuntu

Solusi Tidak Bisa Buka Update Manager dan Software Center pada Ubuntu

Gara-gara koneksi ‘wireless’ kampus yang kurang stabil tadi malam (Rabu, 25 Mei 2011), ketika usai melakukan ‘update’/pembaruan paket Ubuntu saya via terminal, ternyata di akhir prosesnya muncul pesan error sebagai berikut.

Reading package lists... Error!
E: Encountered a section with no Package: header
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.

Akibatnya, ketika saya coba membuka aplikasi ‘Update Manager’, muncul juga pesan serupa, tepatnya seperti ini.

'E:Encountered a section with no Package: header, E:Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.Ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages, E:The package lists or status file could not be parsed or opened.'

Efeknya, menu ‘Update Manager’ pun tidak bisa dibuka. Ternyata hal itu juga merambat ke aplikasi ‘Synaptic Package Manager’ yang juga tidak bisa dibuka.

Dugaan saya, terjadi ketidaksempurnaan proses pengunduhan dan pemasangan paket, terutama pada direktori /var/lib/apt/lists/.

direktori file system

direktori filesystem/var/lib/apt/lists/

Cari punya cari di google dan setelah dimantapkan pula oleh jawaban anggota forum Ubuntu Indonesia, akhirnya saya ketemu juga solusi jitunya. Cukup dengan mengetikkan 3 perintah berikut ini berturut-turut pada terminal.

sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Penjelasan ketiga perintah di atas:

  • Perintah pertama gunanya yaitu untuk me-’remove’ semua list yang terkandung pada direktori /var/lib/apt/lists/. Mengapa harus di-’remove’? Tak lain yaitu untuk membersihkan paket-paket unduhan yang tidak sempurna terpasang (sehingga menyebabkan error berupa tidak bisa dibukanya aplikasi ‘Update Manager’, ‘Ubuntu Software Center’, serta ‘Synaptic Package Manager’).

    Selama paket yang tidak sempura tersebut masih ada, selama itu pulalah proses pembaruan tidak akan bisa berjalan mulus, terutama pada lokasi/direktori yang bermasalah tersebut. Saya sudah membuktikan hal ini ketika coba memperbarui ulang paketnya usai terjadinya error tersebut. Ternyata tetap saja tidak bisa. Oleh sebab itulah, paket-paket yang tidak sempurna tersebut harus kita ‘remove’ dulu.

  • Perintah kedua berguna untuk memperbarui daftar paket, seperti halnya kita melakukan ‘update’ (baik melalui terminal maupun aplikasi ‘Update Manager’). Pada langkah ini prosesnya agak lama karena kita telah menghapus semua paket pada direktori yang bermasalah. Jadi, diperlukan paket unduhan yang agak besar untuk memperbarui kembali paket-paketnya (yang telah kita hapus tersebut).
  • Perintah ketiga yaitu untuk menginstal/memasang pembaruan daftar paket yang telah kita peroleh pada proses kedua. Pada tahap ketiga inilah kita memasang/menginstall kembali paket-paket pada lokasi/direktori yang sebelumnya bermasalah (yaitu pada lokasi /var/lib/apt/lists/).

Usai melakukan 3 langkah di atas, coba ‘reboot/restart’ Ubuntu Anda. Lalu coba buka kembali aplikasi ‘Update Manager’. Buka pula aplikasi ‘Ubuntu Software Center’ maupun ‘Synaptic Package Manager’.

Semoga berhasil dan memang benar-benar berhasil berdasarkan pengalaman saya🙂

Satu pemikiran pada “Solusi Tidak Bisa Buka Update Manager dan Software Center pada Ubuntu

  1. klw mncul gni?????
    gmn ka’ ???
    ” E: Type ‘ain’ is not known on line 3 in source list /etc/apt/sources.list.d/bean123ch-burg-maverick.list
    E: The list of sources could not be read.
    Go to the repository dialog to correct the problem.
    E: _cache->open() failed, please report. ”

    mhon bantuannya,,,,,
    da bngun nih,,,,,
    g tw mw bkin apa,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s